السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينَ
Keilmuan
dan kemulian Seorang Grand Syeikh dari tanah air ini sungguh tidak dapat
dituangkan dalam berapa bait kalimat, hanya bisa diringi dengan memuji Allah
SWT yang telah menjadikan beliau ada untuk Indonesia dan dunia
Nama
Syiekh Nawawi Al Bantani tentu sudah tidak asing lagi bagi umat Islam
Indonesia. Lebih-lebih kalangan santri dan Pesantren. Nama Beliau bahkan sering
terdengar disamakan kebesarannya dengan tokoh ulama klasik madzhab Syafi’i Imam
Nawawi (w.676 H/l277 M).
Syekh
Nawawi Banten memiliki nama lengkap Abu Abd al-Mu’ti Muhammad ibn Umar al-
Tanara al-Jawi al-Bantani. Ia lebih dikenal dengan sebutan Muhammad Nawawi
al-Jawi al Bantani. Dilahirkan di Kampung Tanara, Serang, Banten pada tahun
1815 M/1230 H. Pada tanggal 25 Syawal 1314 H/1897 M.
Syeikh
Nawawi Wafat di usia 84 tahun. Ia dimakamkan di Ma’la dekat makam Siti
Khadijah, Ummul Mukminin istri Nabi. Sebagai tokoh kebanggaan umat Islam di
Jawa khususnya di Banten,
Syeikh
Nawawi merupakan keturunan kesultanan yang ke-12 dari Maulana Syarif
Hidayatullah (Sunan Gunung Jati, Cirebon), yaitu keturunan dari putra Maulana
Hasanuddin (Sultan Banten I) yang bemama Sunyararas (Tajul ‘Arsy). Nasabnya
bersambung dengan Nabi Muhammad melalui Imam Ja’far As- Shodiq, Imam Muhammad al
Baqir, Imam Ali Zainal Abidin, Sayyidina Husen, Fatimah al-Zahra.
Berikut
adalah salah satu Kitab syarah beliau yang sudah mahsyur dikalangan Penuntut
Ilmu, yang merupakan kitab syarah dari kitab Imam Ibnu Hajar Asaqolani
Nama kitab : Nashoihul Ibad,
( نصائح العباد في بيان ألفاظ منبهات على الاستعداد ليوم المعاد
لابن حجر العسقلاني)
Barikut terjemahan Kitab Nashoihul Ibad
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Dengan
menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى جَعَلَ الْعِلْمَ أَرْفَعَ
الصِّفَاتِ الْكَمَالِيَّةِ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ
لَا شَرِيكَ لَهُ الَّذِى خَصَّ مَنْ شَاءَ مِنْ عِبَادِهِ بِالْمَآثِرِ
الْحِكَمِيَّةِ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ الَّذِى خَصَّهُ
اللَّهُ تَعَالَى بِجَمِيعِ كَمَالَاتِ الْعُبُودِيَّةِ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِى مَلَأَ اللَّهُ تَعَالَى قَلْبَهُ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ جَلَالِهِ الْأَعْلَى جَلَّ وَعَلَا وَعَيَّنَهُ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ جَمَالِهِ الْأَسْنَى فَصَارَ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَسْرُورًا مَنْصُورًا وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ
وَالسَّالِكِينَ عَلَى نَهْجِهِ فَنَالُوْا خَيْرًا وَافِرًا.
Segala puji milik Allah
yang telah menganugrahkan ilmu dengan sifat yang paling tinggi dan sempurna.
Aku bersaksi bahwa tidak ada Dzat yang berhak disembah selain Allah yang Maha
Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Allah telah mengistimewakan orang yang ia
kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dengan menguasai riwayat yang bersifat
hikmah. Aku juga bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad saw. adalah hamba
dan utusan-Nya yang mana Allah telah mengistimewakan Nabi Muhammad ﷺ dengan semua kesempurnaan hamba.
Semoga Allah melimpahkan
lebih banyak rahmat kepada junjungan kita, Nabi Muhammad ﷺ, yang telah memenuhui oleh Allah Ta'ala ke dalam hatinya dengan
sebagian keagungan Allah yang Maha Tinggi, Maha Agung, dan Maha Luhur. Dan
Allah telah mengistimewakan Nabi Muhammad ﷺ
dari sebagian keindahan Allah yang sangat luhur, sehingga menjadi Nabi
Shollallahu alaihi wasallama seseorang yang disenangi dan selalu mendapatkan
pertolongan. Semoga terlimpah juga sholawat dan salam kepada keluarganya dan
para sahabatnya dan semua orang yang menempuh pada jalannnya Nabi Muhammad ﷺ sehingga mereka mendapatkan kebaikan yang
banyak.
أَمَّا بَعْدُ: فَيَقُولُ الْمُرْتَجِى غُفْرَ
الْمَسَاوِى مُحَمَّدٌ نَوَوِى بْنُ عُمَرُ الْجَاوِيُّ : هَذَا شَرْحٌ وَضَعْتُهُ
عَلَى الْكِتَابِ الْمُشْتَمِلِ عَلَى الْمَوَاعِظِ لِلْعَلَّامَةِ الْحَافِظِ
الشَّيْخِ شِهَابِ الدِّينِ أَحْمَدَ بْنِ عَلِيِّ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ
الشَّافِعِيِّ الشَّهِيرِ بِابْنِ حَجَرٍ الْعَسْقَلَانِيِّ ثُمَّ الْمِصْرِيِّ
تَغَمَّدَهُ اللَّهُ تَعَالَى بِرَحْمَتِهِ آمِينَ وَسَمَّيَتُهُ : نَصَائِحَ
الْعِبَادِ فِى بَيَانِ أَلْفَاظٍ مُنَبِّهَاتٍ عَلَى الْإِسْتِعْدَادِ لِيَوْمِ
الْمَعَادِ وَأَسْأَلُ اللَّهَ الْكَرِيمَ أَنْ يَنْفَعَ بِهِ الْمُسْلِمِينَ،
وَأَنْ يَجْعَلَهُ ذَخِيرَةً إِلَى يَوْمِ الدِّينِ آمِينَ.
Setelah mengucapkan basmallah, tahmid, dan
shalawat, Kemudian berkata orang yang senantiasa mengharap diampuninya dosa
dosa, Muhammad Nawawi bin Umar, seorang penduduk Jawa asal Banten : Kitab ini
adalah penjelasan yang saya karang untuk mensyarahi sebuah kitab yang
berisi nasehat nasehat milik seorang alim yang hafal ribuan hadits syekh
Sihabuddin Ahmad bin Ahmad As Syafi'i yang terkenal dengan nama Ibnu Hajar Al
Asqalany kemudian Al Mishri, Semoga memenuhinya Allah Ta'ala dengan rahmat
Allah Aamiin. Aku beri nama kitab ini: Nashaihul Ibad, dalam menerangkan lafadz-lafadz
yang mengingatkan supaya bersiap-siap untuk menghadapi hari akhirat. Dan saya
memohon kepada Allah yang Maha Pemurah, agar Allah memberi kemanfaatan melalui
kitab ini kepada umat Muslim dan semoga Allah menjadikannya sebagai tabungan
pahala sampai hari kiamat. Amin.
(بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) وَتُسَنُّ عِنْدَ ابْتِدَاءِ كُلِّ أُمُورٍ
غَيْرِ مُحَقَّرَاتٍ، فَإِنْ تَرَكَهَا فِي أَوَّلِهَا أَتَى بِهَا فِي
أَثْنَائِهَا بِقَوْلِهِ "بِسْمِ اللَّهِ فِى أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ".
(Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang) Disunnahkan membaca lafadz basmalah ketika mengawali setiap perkara yang bukan remeh atau hina, maka jika seseorang meninggalkan basmalah di awal perkara hendaklah ia membaca basmalah di tenga-tengah perkara itu dengan mengucap
"بِسْمِ اللَّهِ فِى أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ".
(الْحَمْدُ لِلَّهِ فِي كُلِّ حِينٍ) أَيْ زَمَانٍ قَلَّ أَوْكَثُرَ (وَأَوْقَاتٍ) وَهِيَ
أَزْمِنَةٌ مَحْدُودَةٌ، وَهِيَ مِنْ عَطْفِ خَاصٍّ عَلَى عَامٍّ.
(وَالصَّلَاةُ) أَيْ الْعَطْفُ مِنَ اللَّهِ وَمِنْ غَيْرِهِ (عَلَى
رَسُولِهِ) إلَى كَافَّةِ الْخَلْقِ (أَشْرَفِ الْخَلْقِ) وَهُوَ
كُلُّ مَا أَوْجَدَهُ اللَّهُ تَعَالَى عَلَى تَقْدِيرٍ أَوْجَبَتْهُ
الْحِكْمَةُ (وَالْبَرَيَّاتِ) أَيْ الْمَخْلُوقَاتِ مُطْلَقًا
أَوِ الَّتِي فِي الْأَرْضِ، فَهِيَ مِنْ عَطْفِ الْمُرَادِفِ أَوْ مِنْ عَطْفِ
الْخَاصِّ عَلَى الْعَامِّ، فَسَيِّدُنَا مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أَفْضَلُ الْخَلْقِ اللهِ كُلِّهِمْ.
(هَذِهِ) أَيْ الْمُسْتَحْضَرَةُ فِى الذِّهْنِ (مُنَبِّهَاتٌ عَلَى
الْإِسْتِعْدَادِ لِيَوْمِ الْمَعَادِ) أَيْ عَلَى التَّأَهُّبِ لِأَجْلِ
وَقْتِ الرُّجُوعِ إِلَى اللهِ تَعَالَى (فَإِنَّ مِنْهَا) أَيْ
الْمُنَبِّهَاتِ (مَا يَكُونُ مَثْنَى) أَيْ زَوْجَيْنِ
زَوْجَيْنِ (وَمِنْهَا مَا يَكُونُ ثُلَاثِيًا، إِلَى تَمَامِ
الْعَشْرَةِ) وَجُمْلَةُ الْمَقَالَاتِ مِائَتَانِ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ
الْأَخْبَارُ خَمْسَةٌ وَأَرْبَعُونَ، وَالْبَوَاقِي آثَارٌ، وَأَنَا الْآنَ
أُرِيدُ التَّبَرُّكَ بِإِتْيَانِ حَدِيثَيْنِ شَرِيْفَيْنِ جَلِيلَيْنِ:
فَالْحَدِيثُ الْأَوَّلُ : أَجَازَنِي بِهِ الْعَلَّامَةُ الشَّيْخُ مُحَمَّدٌ الْخَطِيبُ الشَّامِيُّ ثُمَّ الْمَدَنِيُّ الْحَنْبَلِيُّ وَهُوَ ابْنُ عُثْمَانَ بْنُ عَبَّاسِ بْنِ عُثْمَانَ، عَنْ مَشَايِخِهِ مُتَّصِلًا إِلَى أَبِى ذَرٍّ الْغِفَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيمَا
يَرْوِيهِ عَنْ رَبِّهِ عَزَّ وَجَلَّ، قَالَ تَعَالَى :
"يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحْرَّمًا فَلَا تَظَالَمُوْا
"Wahai hamba hambaku sungguh aku haramkan dzolim atas diriku sendiri dan aku jadikan perbuatan dzolim itu diharamkan di antara kalian maka janganlah kalian saling mendzolimi.
يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ ضَالٌّ إِلَّا مَنْ هَدَيْتُهُ فَاسْتَهْدُونِى أَهْدِكُمْ
يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ جَائِعٌ إِلَّا مَنْ أَطْعَمْتُهُ فَاسْتَطْعِمُونِى أُطْعِمْكُمْ،
Wahai hamba hambaku kalian semua lapar kecuali orang yang telah aku beri makan maka mintalah kalian semua makan ke padaku pasti aku akan memberi makanan kepada kalian.
يَا عِبَادِي كُلُّكُمْ عَارٍ إِلَّا مَنْ كَسَوْتُهُ فَاسْتَكْسُونِى أَكْسُكُمْ،
Wahai hamba hambaku kalian semua telanjang kecuali orang yang telah aku beri pakaian maka mintalah pakaian kepadaku pasti aku akan berikan pakaian kepada kalianيَا عِبَادِي إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا فَاسْتَغْفِرُونِى أَغْفِرْ لَكُمْ،
Wahai hamba hambaku sungguh kalian berbuat dosa siang dan malam dan aku mengampuni semua dosa maka mintalah ampun kepadaku pasti aku mengampuni kalian.يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ لَنْ تَبْلُغُوا ضُرِّي فَتَضُرُّونِي وَلَنْ تَبْلُغُوا نَفْعِي فَتَنْفَعُونِي،
Wahai hamba hambaku sungguh kalian tidak mampu membahayakan aku lalu kalian mencelakakan aku dan kalian tidak akan mampu memberikan manfaat kepadaku lalu kalian bermanfaat padaku.يَا عِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا زَادَ ذَلِكَ فِي مُلْكِي شَيْئًا،
يَا عِبَادِي لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا على أَفْجَرِ قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ ما نَقَصَ ذلك مِنْ مُلْكِي شَيْئًا،
Wahai hamba hambaku andai orang yang pertama di antara kalian dan orang yang terakhir di antara kalian semua golongan manusia dan golongan jin mereka semua ada pada sebejad bejadnya hati seseorang dari kalian tidaklah hal itu mengurangi dalam kekuasaanku sedikitpun.يَا عِبَادِي لو أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ قَامُوا في صَعِيدٍ وَاحِدٍ فَسَأَلُونِي فَأَعْطَيْتُ كُلَّ وَاحِدٍ مَسْأَلَتَهُ ما نَقَصَ ذلك مِمَّا عِنْدِي إلاّ كما يَنْقُصُ الْمِخْيَطُ إِذَا أُدْخِلَ الْبَحْرَ،
يَا
عِبَادِي إِنَّمَا هِيَ أَعْمَالُكُمْ أُحْصِيْهَا لَكُمْ ثُمَّ أُوَفِّيْكُمْ
إِيَّاهَا فَمَنْ وَجَدَ خَيْرًا فَلْيَحْمَدِ اللهَ، وَمَنْ وَجَدَ غيرَ ذلك
فَلَا يَلُوْمَنَّ إِلَّا نَفْسَهُ."

Tidak ada komentar:
Posting Komentar